Project Glossary
No.
Singkatan
Uraian Detail
1
Aanwijzing adalah sebuah proses pertemuan untuk menjelaskan seluk beluk pekerjaan sebuah tender atau proyek. Aanwijzing ini berisi bermacam-macam informasi mengenai klausul hukum dan rencana kerja secara detail.
2
AATO adalah rata-rata perputaran modal perusahaan setiap tahun.
3
ACP adalah material berbahan alumunium yang biasa dipakai sebagai lapisan untuk menutupi dinding dalam ruangan, plafon, maupun eksterior fasad bangunan. Secara umum, ACP terdiri dari inti lembaran yang dilapisi aluminium pada kedua sisinya.
4
Acrylic (akrilik) merupakan plastik yang bentuknya menyerupai kaca. Namun, akrilik ternyata mempunyai sifat-sifat yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan kaca. Akrilik merupakan bahan yang tidak mudah pecah, ringan, dan juga mudah untuk dipotong, dikikir, dibor, dihaluskan, dikilapkan atau dicat.
5
Aggregate adalah sebuah campuran pasir, batu dan komponen utama dari beton.
6
AMDAL adalah suatu proses studi formal yang digunakan untuk memperkirakan dampak terhadap lingkungan oleh rencana kegiatan proyek yang bertujuan memastikan adanya masalah dampak lingkungan yang perlu dianalisis pada tahap awal perencanaan dan perancangan proyek sebagai bahan pertimbangan pembuat keputusan.
7
Angker adalah media untuk mengikat dalam suatu sambungan beton pracetak.
8
APIP adalah aparat yang melakukan pengawasan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi.
9
Balok spandrel adalah balok yang mendukung dinding luar bangunan yang dalam beberapa hal dapat juga menahan sebagian beban lantai
10
Balok spandrel adalah balok yang mendukung dinding luar bangunan yang dalam beberapa hal dapat juga menahan sebagian beban lantai.
11
Batas Atterberg adalah besaran kadar air (%) untuk menandai kondisi konsistensi tanah yakni terdiri dari batas cair (Liquid Limit / LL), bata plastis (Plastic Limit/ PL) maupun batas susut (shirinkage Limit)
12
Bekisting Bekisting atau formwork adalah suatu konstruksi pembantu yang bersifat sementara yang merupakan cetakan / mal ( beserta pelengkapnya pada bagian samping dan bawah dari suatu konstruksi beton yang dikehendaki. Bekisting adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dituang dan dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan
13
CASS adalah kajian terperinci mengenai area prioritas lembaga pemberi pinjaman untuk membantu negara-negara klien dengan program pembangunan mereka sendiri. Dalam dokumen CASS tergambar semua operasi yang direncanakan, termasuk pinjaman, studi, dan bantuan teknis lainnya.
14
CCO adalah perubahan secara tertulis antara PPK dan Penyedia untuk mengubah kondisi dokumen kontrak awal, dengan menambah atau mengurangi pekerjaan. Adanya perubahan ini dapat mengubah biaya kontrak dan jadwal pelaksanaan proyek
15
Contruction Expert adalah ahli di bidang bangunan yang direkrut oleh PMU untuk membantu menyiapkan pengadaan konsultan, terutama DEDC. Tugas lain dari PMU Construction Expert adalah untuk memastikan bahwa seleksi konsultan sesuai dengan standar; berkoordinasi dengan Procurement Expert dalam menyiapkan dokumen pengadaan DEDC; berkordinasi dengan DEDC, PMSC dan EQC untuk memgembangkan layout ruangan, membuat laporan perkembangan pelaksanaan pengadaan DEDC kepada PMU.
16
CPPR adalaah review terhadap kinerja pelaksanaan proyek. Pada Proyek IDB, review dilakukan antara tim IDB dengan pihak-pihak terkait. Selamaa sekitar satu minggu, Tim IDB mengagendakan serangkaian pertemuan, mulai dari kickoff meeting, kunjungan ke PMU atau lembaga terkait, dan wrap up meeting. Hasil dari CPPR dituangkan dalam dokuemn Minute of Meeting.
17
CW adalah pelapis gedung non struktural yang terbuat dari aluminium. Curtain wall biasanya hanya digunakan sebagai pelapis gedung saja dan bersifat ringan sehingga dapat mengurangi biaya pembuatan gedung. Meski bersifat ringan, namun tetap dapat menahan tekanan, baik tekanan cuaca maupun getaran.
18
DEDC adalah konsultan proyek yang bertugas mendisain gambar perencanaan arsitektur maupun struktur yang menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan. Dalam Proyek Four-in-One, Konsultan DED semula disepakati hanya satu paket untuk empat lokasi (UIN Semarang, UIN Sumatera Utara, UIN Palembang dan IAIN MAtaram). Namun pada perkembangan selanjutnya, DEDC dibagi menjadi dua paket, yaitu: Paket I untuk UIN Semarang dan IAIN Mataram, dan Paket II untuk UIN Sumatera Utara dan UIN Palembang. Pemecahan paket ini berdasarkan pertimbanan bahwa akan sulit mencari firm (perusahaan) jasa yang bisa menangani empat lokasi sekaligus. Perubahan paket tersebut diputuskan dalam rapat di Bappenas, tanggal 6 Juni 2014, yang dihadiri oleh pihak-pihak terkait, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Bappenas, Kementerian Agama, dan Rektor dari empat PTAIN tersebut di atas. Perubahan paket ini mendapatkan ppersetujuan dari Bappenas melalui suratnya tertanggal 9 September 2014.
19
DPT Dinding Penahanan Tanah
20
E-Catalogue adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai Penyedia Barang/Jasa Pemerintah.
21
E-Procurement adalah Pengadaan Barang/Jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
22
E-purchasing adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui sistem katalog elektronik.
23
E-Tendering adalah tata cara pemilihan Penyedia Barang/Jasa yang dilakukan secara terbuka dan dapat diikuti oleh semua Penyedia Barang/Jasa yang terdaftar pada sistem pengadaan secara elektronik dengan cara menyampaikan 1 (satu) kali penawaran dalam waktu yang telah ditentukan.
24
EQC adalah konsultan dalam sebuah proyek yang bertugas membantu pelaksana proyek (executing agency) antara lain untuk menyusun dokumen pengadaan peralatan. Pada Proyek Four-in-One, EQC hanya satu paket untuk empat lokasi Proyek.
25
Fasade adalah suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya terutama yang dimaksud bagian depan, tetapi kadangkala bagian samping atau belakang bangunan.
26
FBS adalah salah satu metode seleksi dalam pengadaan. Metode ini cocok bila: 1) TOR didefinisikan secara persis, 2) waktu dan input tenaga dapat secara akurat dinilai, dan 3) pagu anggaran bersifat tetap. Metode ini sangat baik digunakan dalam pengadaan konsultan proyek di mana diharapkan tidak akan ada perubahan selama pelaksanaan. RFP dalam FBS harus menunjukkan anggaran yang tersedia, nilai "minimum" kualifikasi untuk "kualitas" adalah 750 poin dari nilai tertinggi 1.000 poin, dan perusahaan diminta untuk mengirimkan proposal teknis dan proposal keuangan terbaik mereka di amplop terpisah. Dalam FBS, yang pertama kali harus dilakukan adalah evaluasi terhadap semua proposal teknis (technical proposal). Kemudian proposal keuangan (financial proposal) perusahaan yang memenuhi nilai minimum serta harga harus dibuka dan diumumkan. Proposal yang melebihi anggaran wajib ditolak. Konsultan yang memiliki nilai peringkat teknis tertinggi harus dipilih dan diundang untuk bernegosiasi. Jika negosiasi gagal, pihak peminjam akan memulai negosiasi dengan perusahaan peringkat berikutnya sampai tercapai kesepakatan.
27
FHO adalah suatu kegiatan serah terima akhir pekerjaan yang dilakukan secara resmi dari penyedia jasa kepada PPK setelah penyedia jasa menyelesaikan semua kewajibannya selama masa pemeliharan.
28
Financial Proposal yaitu bagian dari proposal pengadaan berupa formulir finansial yang harus diisi oleh daftar pendek perusahaan (shortlisted firms) sesuai dengan pedoman (Instruction to Consultants, ITC)
29
Financing Agreement atau Loan Agreement adalah kontrak antara peminjam dan pemberi pinjaman yang mengatur perjanjian yang dibuat para pihak. Financial Agreement didokumentasikan dari kumpulan proses negosiasi yang dilakukan oleh para pihak yang terlibat.
30
Flashing adalah lembaran logam atau bahan lain yang digunakan dalam konstruksi atap dan dinding untuk melindungi bangunan dari rembesan air.
31
FTP ...
32
GCC Conditions which establish the basic legal and contractual relationship between the principal (and employer) and the contractor. Various types of general conditions of contract have been issued by national Standards organizations and industry bodies and there is some divergence in terminology used.
33
GPN sebuah dokumen yang berisi tentang penjelasan unum rencana pengadaan proyek, total anggaran proyek dan jenis-jenis pengadaan. GPN diumumkan pada saat proyek baru mulai. Untuk Proyek Four-in-One, GPN ditayangkan di situs resmi IDB.
34
GWT adalah suatu konstruksi bawah tanah yang berfungsi untuk menampung dan mengolah air bersih yang bersumber dari sumur dalam tanah. Pada bangunan seperti hotel, apartemen, rumah sakit, kampus/sekolah, gedung perkantoran dll. memerlukan air bersih yang digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari.
35
HPS adalah perkiraan harga barang/jasa yang ditetapkan oleh PPK.
36
ICB International Competitive Bidding adalah salah satu bentuk bidding dimana pesertanya diikuti dari berbagai negara.
37
ICB/MC International Competitive Bidding/Member Country adalah salah satu metode pengadaan dengan peserta bidding dibatasi hanya perusahaan (firm) daari negara-negara anggota. Untuk loan dari IDB, peserta bidding hanya terbatas pada 56 negara yang menjadi anggota IDB.
38
Instalment Sale adalah benuk penjualan Aset secara langsung (on spot) yang dibayar secara dengan cara lump sum atau cicilan. IDB menerapkan instalment Sale untuk pinjaman jangka menengah dan panjang, dimana IDB membeli Aset dan menjualnya ke Pembeli (klien) dengan harga jual yang disepakati (biaya ditambah mark-up). Pembeli membayar harga jual dengan cara mengangsur . Kepemilikan Asset ditransfer ke pembeli pada tanggal penyerahan asset.
39
IPAL Instalasi Pengolahan Air Limbah
40
IsDB Islamic Development Bank adalah lembaga pembiayaan pembangunan multilateral yang bermarkas di Jeddah, Arab Saudi. IDB didirikan pada tahun 1973 oleh Menteri-Menteri Keuangan pada Organisasi Konferensi Islam (sekarang disebut Organisasi Kerjasama Islam, <i>Organization of Islamic Cooperation</i>) dengan dukungan dari raja Arab Saudi, Muhammad bin Faisal, saat itu, dan mulai kegiatannya pada 20 Oktober 1975 . Ada 56 negara anggota yang menaruh saham di sana, termasuk Indonesia. Raja Faisal adalah presiden presiden IDB pertama. Pada 22 Mei 2013, IDB menaikkan tiga kali lipat modal dasar hingga mencapai $150.000.000.000 untuk melayani umat Islam baik di negara-negara anggota maupun non-anggota. IDB terus menerima peringkat kredit tertinggi AAA oleh lembaga-lembaga pemeringkat. Arab Saudi memiliki sekitar seperempat dari modal disetor bank.
41
ISFD Loan adalah pinjaman dengan persyaratan lunak terutama diarahkan pada proyek dan program yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan, pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) dan program keuangan mikro di berbagai sektor (pendidikan, kesehatan dll) di negara-negara anggota terutama Least Developed Member Countries (LDMCs).
42
Istisna`a adalah bentuk produk pembiayaan IDB di mana aset ditransaksikan sebelum diwujudkan (dibangun). Pembeli menugasi produsen (kontraktor atau penyedia barang) untuk mengadakan aset tertentu sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh pembeli dan mengirimkannya sesuai dengan tanggal dan harga yang telah disetujui sebelumnya. Pembayaran dilakukan dengan cara lump sum atau cicilan setiap saat sesuai dengan kesepakatan. IDB menjalankan Istisna`a untuk jangka menengah dan jangka panjang, dimana IDB menunjuk Pembeli (klien) sebagai Agennya sebagai pihak yang akan mendapatkan Asset bangunan atau peralatan. Ketika Asset dibangun/dibuat dan diterima oleh Pembeli, IDB merubah hak kepemilikan Asset ke Pembeli. Pembeli kemudian membayar harga Penjualan Aset secara bertahap.
43
ITC yaitu bagian dari dokumen RFP yang berisi tentang apa-apa yang harus dilakukan oleh calon konsultan pada saat menyusun proposal. Dalam SRFP, Instruction to Consultant terdapat di Section 2.
44
ITT An invitation to tender (ITT) is the initial step in competitive tendering, in which suppliers and contractors are invited to provide offers for supply or service contracts, the ITT is one process in procurement. An ITT document specifies all requirements of the organization, including goods, services and timelines, as well as the evaluation process that will be followed. Invitations to tender are often used by public sector organizations, which are legally obligated to offer contracts for goods or service requirements by that process in many countries. In an open invitation to tender, any vendor who can provide a guarantee of performance may offer. In closed ITTs, vendors may have been preselected, screened or qualified by an expression of interest to generate a shortlist of eligible candidates. Often, proposals to a tender are under a double-envelope system, with separate technical and economical envelopes provided for individual evaluation by the inviting firm. Invitations to tender are also known as calls for bids or calls for tenders.
45
JV A joint venture (JV) is a business arrangement in which two or more parties agree to pool their resources for the purpose of accomplishing a specific task. This task can be a new project or any other business activity. In a joint venture (JV), each of the participants is responsible for profits, losses and costs associated with it. However, the venture is its own entity, separate from the participants` other business interests.
46
Kontes adalah metode pemilihan Penyedia Barang yang memperlombakan Barang/benda tertentu yang tidak mempunyai harga pasar dan yang harga/biayanya tidak dapat ditetapkan berdasarkan Harga Satuan.
47
KPA adalah pejabat dalam bidang pengadaan yang ditetapkan oleh Pengguna Anggaran untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau ditetapkan oleh kepala daerah untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
48
KPA adalah pejabat yang memperoleh kuasa dari PA untuk melaksanakan sebagian kewenangan dan tanggung jawab penggunaan anggaran pada Kementerian Negara/Lembaga yang bersangkutan.
49
KSO adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana masing-masing sepakat untuk melakukan suatu usaha bersama dengan menggunakan aset dan atau hak usaha yang dimiliki dan secara bersama menanggung risiko usaha tersebut
50
LCS Least-Cost Selection
51
LDD Last Date of Disbursement adalah tanggal terakhir pencairan anggaran Proyek. Setelah LDD tidak ada lagi pencairan yang dapat diproses. Konsekuensinya jika ada tagihan setelah LDD maka akan dibebankan ke anggaran rupiah murni melalui APBN.
52
LDMCs Least Developed Member Countries
53
Leasing adalah kontrak sewa di mana pemilik aset menjual hak pakai asset. Dalam hal ini IDB menerapkan apa yang disebut "Lease-to-Own" untuk jangka menengah dan panjang. IDB (sebagai pihak yang menyewakan), membeli aset dan kemudian mentransfer hak penggunaannya (hak pakai hasil) kepada penyewa dan penyewa membayar sewa untuk jangka waktu tertentu (periode sewa). Sepanjang masa sewa ini, IDB mempertahankan kepemilikan aset. Pada akhir masa sewa guna usaha, IDB mentransfer judul Asset untuk Klien sebagai hadiah.
54
Legal Opinion adalah dokumen tertulis yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atas sebuah fakta hukum. Dalam konteks Proyek yang mendapatkan bantuan dari IDB, legal opinion diberikan sebagai bentuk pengakuan terhadap legalitas proyek bentuan.
55
LKPP Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
56
LOI adalah surat dari klien yang ditujukan kepada shortlisted consulting firms (daftar pendek perusahaan peserta lelang) untuk menyerahkan proposal.
57
LPSE adalah penyelenggara sistem elektronik pengadaan barang/jasa pemerintah. LPSE sendiri mengoperasikan sistem e-procurement bernama SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) yang dikembangkan oleh LKPP. LPSE sering dirancukan dengan sistem e-procurement (pengadaan secara elektronik). Implementasi e-procurement di Indonesia ditugaskan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP, http://www.lkpp.go.id/]. LKPP mengembangkan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) berbasis free license untuk diterapkan seluruh instansi pemerintah di Indonesia. Mulai diterapkan pada tahun 2008 oleh 11 instansi dan tahun 2013 ini sudah 573 K/L/D/I (kementerian/lembaga/daerah/instansi) yang memiliki LPSE.
58
MC 0 Mutual check nol (MC 0%) sering kita jumpai pada saat melaksanakan suatu pekerjaan, dan ini merupakan salah satu kelengkapan yang wajib dibuat dan dilaksanakan karena ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan kita laksanankan apakah mengalami perubahan Misal volume bertamabah atau berkurang dan apakah tetap. Dalam membuat mutual check nol (MC 0%) pada umumnya akan di sesusaikan dengan standarisasi harga satuan yang telah di tetapkan pada proses Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) atau pada saat melakukan penawaran (pelelangan) sehingga kita tidak bisa asal merubah atau menentukan harga seenaknya sendiri. Secara garis besar pembuatan mutual check adalah berupa laporan prosentase (%) dari semua item pekerjaan yang akan kita laksanakan.
59
MCPS adalah strategi yang dilakukan oleh IDB untuk menghimpun potensi-potensi serta rencana strategis strategis yang akan dilakukan dalam pemberian pinjaman terhadap negara partner penerima pinjaman. Rencana tersebut tertuanng dalam dokumen MCPS yang diperbaharui setiap empat tahun. Dokumen MCPS IDB untuk Indonesia terbit bulan Januari 2011 dengan judul "Member Country Partnership Strategy Republic of Indonesia: Harnessing the Regional Potentials, 2011 - 2014."
60
MDBs Multilateral Development Banks
61
Mockup adalah sebuah media visual atau preview dari sebuah konsep desain `datar` yang diberikan efek visual sehingga hasilnya sangat tampak atau menyerupai wujud nyata, mockup dapat memberikan gambaran nyata dari sebuah konsep desain bagaimana konsep itu akan terlihat nantinya jika sudah diaplikasikan menjadi benda
62
NOD Notification of Disbursement adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pihak pemberi pinjaman dalam sebuah proyek sebagai persetujuan atas Withdrawal Application yang diajukan oleh pihak penerima pinjaman. Dengan dikeluarkannya NOD, anggaran dapat dicairkan oleh kas negara.
63
OCR merupakan bentuk pinjaman lunak jangka panjang yang disediakan IDB untuk pembiayaan pembangunan di Negara Anggotanya. IDB mengenakan biaya layanan untuk menutupi biaya administrasi. OCR diklasifikasikan menjadi 2 jenis berdasasrkan ruang lingkup kegiatan mereka. Sumber dana untuk pinjaman ini adalah Ordinary Capital Resources IDB (sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 IDB's Articles of Agreement. Kedua jenis pinjaman tersebut adalah: 1. Ordinary Loans, yaitu pinjaman lunak jangka panjang yang disediakan untuk membiayai pembangunan dan infrastruktur proyek; 2. Technical Assistance (TA), yaitu pinjaman dengan persyaratan lunak untuk membantu Negara-Negara Anggota dalam memperoleh jasa konsultasi untuk melakukan kelayakan dan studi lain seperti untuk proyek-proyek besar
64
OPRC Operational Procurement Review. Committee
65
OPSD Operations Policy and Services Department
66
PA adalah istilah yang digunakan pada peraturan pengadaan barang dan jasa pemerintah Indonesia yang merujuk pada pejabat pemegang kewenangan penggunaan anggaran yang berada di kementerian, lembaga, bagian dari satuan kerja perangkat daerah atau pejabat yang disamakan pada institusi pengguna Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
67
PA adalah pejabat pemegang kewenangan penggunaan anggaran Kementerian Negara/Lembaga/Perangkat Daerah.
68
Pekerjaan Kompleks adalah pekerjaan yang memerlukan teknologi tinggi, mempunyai risiko tinggi, menggunakan peralatan yang didesain khusus dan/atau pekerjaan yang bernilai diatas Rp100.000.000.000,00 (seratus miliar rupiah).
69
Pelelangan Sederhan adalah metode pemilihan Penyedia Barang/Jasa Lainnya untuk pekerjaan yang bernilai paling tinggi Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).
70
Pelelangan Terbatas adalah metode pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi untuk Pekerjaan Konstruksi dengan jumlah Penyedia yang mampu melaksanakan diyakini terbatas dan untuk pekerjaan yang kompleks.
71
Pelelangan Umum adalah metode pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya untuk semua pekerjaan yang dapat diikuti oleh semua Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang memenuhi syarat.
72
Pemilihan Langsung adalah metode pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi untuk pekerjaan yang bernilai paling tinggi Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).
73
Pengadaan Langsung adalah Pengadaan Barang/Jasa langsung kepada Penyedia Barang/Jasa, tanpa melalui Pelelangan/ Seleksi/Penunjukan Langsung.
74
Penunjukan Langsung adalah metode pemilihan Penyedia Barang/Jasa dengan cara menunjuk langsung 1 (satu) Penyedia Barang/Jasa.
75
PHO adalah serah terima hasil sementara pekerjaan konstruksi oleh kontraktor kepada PPK. PHO dilakukan melalui proses-proses berikut:
  • Kontraktor mengajukan permintaan secara tertulis kepada pengguna jasa/pemerintah untuk penyerahan pertama setelah pekerjaan selesai 100%;
  • Pengguna jasa memerintahkan panitia penerima pekerjaan untuk melakukan penilaian terhadap hasil pekerjaan yang telah diselesaikan oleh penyedia jasa selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah diterimanya surat permintaan dari penyedia jasa;
  • Setelah penyerahan pertama pekerjaan, pengguna jasa membayar sebesar 100% dari nilai kontrak dan penyedia jasa harus menyerahkan jaminan pemeliharaan sebesar 5% dari nilai kontrak;
  • Selain itu untuk pedoman bagi setiap unsur yang terlibat dalam kepanitiaan, proses serah terima pekerjaan agar dapat bekerja dengan lengkap dan cepat, maka dibuat check list materi yang perlu didiskusikan pada rapat-rapat, termasuk diagram urutan kegiatannya;
  • Apabila terdapat kekurangan dan atau cacat hasil pekerjaan, kontraktor wajib menyelesaikan/memperbaiki yang akan diperiksa kembali oleh panitia penerima pekerjaan dan apabila sudah memenuhi ketentuan dokumen kontrak, maka dibuatkan berita acara penyerahan pertama pekerjaan.
76
PIASR Project Implementation Assessment and Support Report
77
PIU Project Implementing Unit adalah satu unit dalam sebuah proyek yang bertugas untuk mengorganisasian dan mengelola pelaksanaan Proyek di tingkat satuan kerja. PIU dibentuk oleh pimpinan satker. Dalam konteks Proyek Four-in-One, PIU ditetapkan melalui SK Rektor. Struktur PMU di-SK-kan setiap tahun anggaran.
78
PjPHP adalah pejabat administrasi/pejabat fungsional/personel yang bertugas memeriksa administrasi hasil pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa.
79
PMSC adalah konsultan yang membidangi manajemen proyek serta mensupervisi peaksanaan proyek. PMSC untuk Proyek Four-in-One pada awalnya direncanakan hanya satu paket sesuai kesepakatan dalam Start-Up Workshop. Namun pada perkembangan selanjutnya, PMSC dibagi menjadi empat paket yang didistribusikan ke empat lokasi Proyek. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Minute of Meeting di BAPPENAS tanggal 6 Juni 2014.
80
PMU Project Management Unit adalah satu unit dalam sebuah proyek yang bertugas untuk mengorganisasikan dan mengelola pelaksanaan Proyek. PMU dibentuk oleh Executing Agency. Dalam konteks Proyek Four-in-One, PMU ditetapkan melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Struktur PMU di-SK-kan setiap tahun anggaran.
81
Pondasi Bore Pile adalah jenis pondasi dalam dengan desain berbentuk tabung yang berfungsi meneruskan beban bangunan ke lapisan tanah keras.
82
Pondasi Bore Pile adalah jenis pondasi dalam dengan desain berbentuk tabung yang berfungsi meneruskan beban bangunan ke lapisan tanah keras.
83
PPD Project Procurement Division
84
PPHP adalah tim yang bertugas memeriksa administrasi hasil pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa.
85
PPK adalah pejabat yang diberi kewenangan oleh PA/KPA untuk mengambil keputusan dan/ atau melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja negara/anggaran belanja daerah.
86
Procurement Expert adalah ahli di bidang pengadaan yang direkrut oleh PMU untuk membantu menyiapkan dokumen-dokumen pengadaan konsultan, terutama PMSC, EQC, dan FAC. Tugas lain PMU Expert adalah membantu PMU untuk memastikan bahwa proses pengadaan konsultan telah memenuhi standar` berkordinasi dengan Construction Expert, DEDC dan PMSC untuk menyiapkan dokumen tender Civil Works` berkoordinasi dengan PMSC dan EQC untuk menyiaplkan dokumen tender peralatan (Goods)` berkoordinasi dengan PIU untuk mengidentifikasi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan dan menginformasikannya kepada EQC` menyapkan progress report` dan melaporkan hasil pekerjaannya kepada Direktur PMU.
87
QBS adalah ...
88
QCBS Quality and Cost-Based Selection adalah salah satu metode pengadaan konsultan yang memperhitungkan kualitas dan biaya.
89
REoI adalah permintaan oleh penerima barang/jasa kepada calon peserta sebuah tender untuk menyatakan minat menyediakan barang atau jasa. REoI harus dipublikasikan dalam bentuk iklan terbuka di media agar diketahui secara luas sehungga memungkinkan setiap perusahaan (firm) untuk mendaftar. Media iklan yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan jenis tender yang telah disepakati dalam Loan Agreement.
90
RFI yaitu permohonan informasi antar pengelola dan pelaksana Proyek (konsultan, PPK, kontraktor).
91
RfP dalam sebuah proses tender adalah permintaan oleh pengguna barang atau jasa kepada perusahaan yang tertarik dalam pengadaan barang dan layanan jasa untuk mengajukan proposal bisnis. RFP menyajikan persyaratan awal untuk barang atau jasa.
92
RUP adalah daftar rencana Pengadaan Barang/Jasa yang akan dilaksanakan oleh Kementerian/ Lembaga/ Perangkat Daerah.
93
Sayembara adalah metode pemilihan Penyedia Jasa yang memperlombakan gagasan orisinal, kreatifitas dan inovasi tertentu yang harga/biayanya tidak dapat ditetapkan berdasarkan Harga Satuan.
94
SCC Special Conditions of Contract refers to provisions of a contract that are peculiar to the project under consideration and do not fall under the general conditions or supplementary conditions.
95
Seleksi Sederhana adalah metode pemilihan Penyedia Jasa Konsultansi untuk Jasa Konsultansi yang bernilai paling tinggi Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).
96
Seleksi Umum dalah metode pemilihan Penyedia Jasa Konsultansi untuk pekerjaan yang dapat diikuti oleh semua Penyedia Jasa Konsultansi yang memenuhi syarat.
97
Shop Drawing Secara sederhana, pengertian shop drawing adalah gambar teknis lapangan yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan. Shop drawing ini dibuat oleh kontraktor, yang diajukan approval terlebih dahulu ke MK/Konsultan Pengawas/Owner, sebeleum mulai dikerjakan
98
SPPBJ diterbitkan oleh PPK dengan ketentuan: a. tidak ada sanggahan dari peserta` b. sanggahan dan/atau sanggahan banding terbukti tidak benar` atau c. masa sanggahan dan/atau masa sanggahan banding berakhir.
99
SRFP yaitu standar penyusunan proposal untuk pelelangan
100
STP Simplified Technical Proposal
101
Surat Jaminan adalah jaminan tertulis yang bersifat mudah dicairkan dan tidak bersyarat (unconditional), yang dikeluarkan oleh Bank Umum/Perusahaan Penjaminan/Perusahaan Asuransi yang diserahkan oleh Penyedia Barang/Jasa kepada PPK/ULP untuk menjamin terpenuhinya kewajiban Penyedia Barang/Jasa.
102
Technical Proposal yaitu bagian dari proposal pengadaan berupa data sheet yang harus diisi oleh daftar pendek perusahaan (shortlisted firms) sesuai dengan pedoman (Instruction to Consultants, ITC)
103
Tender adalah metode pemilihan untuk mendapatkan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya.
104
Tender adalah metode pemilihan untuk mendapatkan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya.
105
Topping off adalah suatu kegiatan pemasangan atau penutupan atap bangunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi. Biasanya ceremony topping off ini sangat berguna bagi pihak marketing, lebih-lebih apabila suatu proyek tersebut dijual / disewakan seperti proyek apartemen, hotel, perkantoran dan lain-lain sehingga pihak marketing bisa mengumumkan kepada tenant bahwa progress proyek tersebut sudah berakhir proses konstruksinya, tinggal melanjutkan finishingnya
106
UKPBJ adalah unit kerja di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang menjadi pusat keunggulan Pengadaan Barang/Jasa.
107
ULP adalah unit organisasi yang menjadi bagian dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, institusi yang berfungsi melaksanakan pengadaan barang atau jasa yang bersifat permanen. Unit ini dapat berdiri sendiri atau melekat pada unit yang sudah ada.
108
WA adalah dokumen yang berisi tentang detail pembelanjaan yang telah dilakukan oleh PMU sebagai pelaksana Proyek. Dokumen WA diserahkan oleh PMU ke KPPN. Selanjutnya, KPPN menyerahkan dokumen WA ke pihak pemberi pinjaman, dalam hal ini IDB. Pencairan WA dilakukan setelah IDB mengeluarkan Notification of Disbursement (NOD).
109
WTP <p>Instalasi Pengolahan Air Limbah</p>